Jumat, 08 Mei 2020

Mengkudu dan 11 manfaatnya untuk kesehatan tubuh

kasanah.id - Buah mengkudu atau dalam bahasa latin disebut dengan Morinda citrifolia,  merupakan buah yang banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara dan Australia, saat ini mengkudu dibudidayakan secara luas di hampir setiap daerah tropis.

     Meskipun memiliki bau yang menyengat, buah ini dijadikan makanan pokok di beberapa kebudayaan dan digunakan dalam pengobatan tradisional. Sedangkan secara komersil, buah ini diperkenalkan sebagai suplemen dan biasanya dikonsumsi dalam bentuk jus.

11 Manfaat mengkonsumsi mengkudu untuk kesehatan tubuh

    Pada buah mengkudu terdapat berbagai kandungan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh, ini tentu yang menjadikannya layak digunakan sebagai obat tradisional ataupun suplemen. 

nutrisi mengkudu
( kandungan nutrisi buah mengkudu)
     
    Dengan banyaknya kandungan nutrisi di dalam buah mengkudu, maka dengan mengkonsumsi buah mengkudu akan memberikan beberapa manfaat bagi tubuh, sebagaimana berikut :

1. Anti oksidan yang baik

     Pada buah mengkudu terdapat kandungan antioksidan yang baik dalam menjaga tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas telah diketahui dapat menyebabkan timbulnya banyak penyakit bahkan hingga kanker. Mengkonsumsi buah mengkudu juga mampu membebaskan tubuh dari stres oksidatif dan kerusakan yang ditimbulkannya pada tubuh.

2. Membantu mengurangi resiko terkena kanker

     Nutrisi pada buah mengkudu mempunyai sifat mengurangi resiko terkena kanker seperti kanker hati, paru-paru, dan kanker ginjal. Ini bisa terjadi akibat adanya kemampuan mengikat karsinogen dan mencegah adanya pengumpalan. 

    Mengkudu telah dipercaya selama ribuan tahun sebagai bagian dari pengobatan untuk mengatasi kanker. Ada beberapa penelitian yang dilakukan oleh berbagai klinik dan laboratorium yang menyarankan agar mengkudu digunkan sebagai anti kanker.

    Salah satu peneliti yang melakukan penelitian mengenai hal tersebut adalah Dr. Wang, seorang peneliti dari Fakultas Kedokteran di Universitas Illinois. Penelitiannya berjudul "Cancer preventive effect of Morinda citrifolia (Noni)" atau "Efek pencegahan kanker dari buah mengkudu"dan menyebutkan bahwa mengkudu mempunyai efek dalam mencegah kanker.

3. Membantu mengurangi kolesterol

     Peningkatan kadar kolesterol dalam darah adalah salah satu faktor risiko utama timbulnya penyakit kardiovaskular. Beberapa studi menemukan bahwa mengonsumsi buah mengkudu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Ini sekaligus mengurangi timbulnya plak di arteri. 

manfaat mengonsumsi mengkudu
(buah mengkudu)

4. Menjaga kesehatan jantung

     Jus dari buah mengkudu terbukti mampu membantu menjaga kesehatan jantung dengan baik. Hal ini dapat terjadi karena efek dilatasi yang timbul, efek ini akan membuat peregangan pada jaringan darah di tubuh terutama di arteri sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. 

    Selain itu mengkonsumsi mengkudu akan menimbulkan efek vasodilatasi, dimana akan terjadi penurunan pada tekanan darah. Gabungan dari kedua efek ini tentu akan menghasilkan jantung yang lebih sehat. 

5. Mengembalikan stamina tubuh

    Salah satu manfaat lainnya dari mengkonsumsi buah mengkudu adalah dapat mengembalikan stamina tubuh yang telah hilang. Jus dari buah mengkudu telah lama digunakan secara turun-temurun sebagai salah satu obat tradisional untuk mengembalikan stamina tubuh yang telah hilang, terutama oleh orang Polinesia. Mereka juga mengunakan mengkudu untuk meningkatkan kualitas kesehatan tubuh dan meningkatkan energi. 

    Berbagai penelitian telah menyebutkan kualitas ergogenik pada jus mengkudu, mampu meningkatkan kemampuan tubuh dalam berkembang secara fisik, ini juga termasuk membantu dalam meningkatkan kemampuan elastisitas tubuh dan kinerja tubuh secara keseluruhan. Jadi tidak ada salahnya mengkonsumsi buah mengkudu setelah seharian beraktifitas ataupun setelah berolahraga. Yuk konsumsi mengkudu!

6. Meredakan nyeri pada persendian

        Mengkudu ternyata juga dapat membawa manfaat yang baik untuk mereka yang mempunyai penyakit pada persendian. Pada buah mengkudu terdapat sifat analgesik yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan sensitivitas, efek ini akan mengurangi rasa nyeri yang terdapat pada sendi. Bahkan sifat analgesik pada buah mengkudu ini juga lebih baik dari obat analgesik kimia yang tersedia di pasaran.

manfaat mengkudu untuk kesehatan
(bunga dari tanaman buah mengkudu)

7. Membantu meningkatkan daya ingat

    Jus dari buah mengkudu dapat memberi efek dalam membantu mengatasi gangguan ingatan. Mengkonsumsi buah mengkudu mampu mendorong aliran darah pada otak dan meningkatkan kemampuan daya ingat.

8. Mempercepat penyembuhan luka

    Jus dari buah mengkudu mampu secara efektif membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Mengkonsumsi mengkudu meningkatkan fungsi kolagen, hidroksipilin, dan kandungan protein. Mengkudu juga membantu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Kombinasi dari kemampuan tadi mampu membantu proses penyembuhan luka.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

    Sejak dahulu, buah mengkudu dipercaya mampu membantu mengatasi infeksi dan penyakit lainnya yang terkait dengan sistem kekebalan tubuh. Hal ini berkat adanya polisakarida penting yang terdapat dalam buah ini. Komposisi polisakarida yang terdapat pada buah mengkudu merangsang sel darah putih dan meningkatkan kemampuannya dalam memberikan kekebalan pada tubuh. 

    Pada mengkudu juga terdapat scopoletin yang memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, anti-jamur, anti-inflamasi, dan anti-hispamin yang secara signifikan berkontribusi untuk mempertahankan mekanisme sistem kekebalan tubuh.

10. Merawat kulit

    Mengkonsumsi jus mengkudu secara rutin akan membantu merawat kulit. Pada mengkudu terdapat senyawa yang membantu meningkatkan fungis kolagen dan mencegah keriput pada kulit. 

    Pada mengkudu juga terdapat sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang memberikan efek bahkan hingga tingkat sel dan berguna dalam menyembuhkan berbagai gangguan sulit termasuk jerawat, luka bakar, reaksi alergi, dan gatal-gatal. Senyawa lainnya pada mengkudu juga dapat menormal sel-sel abnormal pada kulit dan membantu membuat kulit menjadi lebih sehat dan terlihat lebih muda.

mengkudu
(buah mengkudu yang belum matang)

11. Melindungi hati

    Buah mengkudu juga terkenal akan kemampuannya dalam membantu melindungi hati dari berbagai penyakit. Jus buah mengkudu memberi efek hepato-protektif pada hati yang membantu melindungi organ hati dari paparan bahan kimia dan penyakit yang dapat menimbulkan kerusakan hati.

Efek samping mengkonsumsi mengkudu

    Memang buah mengkudu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh tapi perlu diperhatikan pula bahwa ada beberapa kondisi yang justru bisa memberikan dampak yang buruk dari mengkonsumsi buah mengkudu, berikut efek samping dari mengonsumsi buah mengkudu :

    1. Mempunyai kandungan kalium yang tinggi


    Pada buah mengkudu terdapat konsentrasi kalium yang sangat tinggi, ini akan menghambat penyerapan obat yang terkait dengan tekanan darah tinggi. Kadar kalium yang tinggi ini juga dapat menimbulkan gejala mual dan gangguan irama pada jantung (aritmia jantung).

    2. Memperparah penyakit ginjal

    
    Bagi mereka yang mempunyai kondisi khusus pada ginjal mereka ataupun sedang mengalami penyakit ginjal, mengkonsumsi buah mengkudu justru akan memperparah kondisi yang telah dialami.

    Meskipun ada banyak sayur dan buah yang mempunyai banyak kandungan nutrisi dan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh, sangat disarankan untuk menemui tenaga medis profesional terlebih dahulu sebelum menjadikannya obat. Karena, kondisi setiap orang bisa berbeda dan tidak mesti cocok. Ini terutama saat sedang mengalami kondisi khusus seperti sedang melakukan pengobatan terhadap suatu penyakit, sedang hamil ataupun sedang menyusui.

Fakta mengenai buah mengkudu

    Dari berbagai penjelasan di atas kita telah mengetahui apa saja manfaat yang dimiliki oleh buah mengkudu dan efek samping yang bisa timbul dan perlu kita perhatikan, tetapi ternyata ada pula beberapa fakta menarik mengenai buah mengkudu, sebagaimana berikut ini :

    1. Secara tradisional, mengkudu digunakan pula untuk menyembuhkan luka iris yg dalam, patah tulang, luka gores dan lecet. 

    2. Minyak hasil ekstraksi buah mengkudu dapat digunakan untuk mengurangi jerawat dan membantu menjaga kelembaban kulit.

    3. Buah ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kurap.

    4. Di Tahiti, buah ini digunakan untuk mengatasi luka bakar, keracunan akibat racun ikan, sengatan ikan karang,dan radang amandel.

    5. Di Hawai, Jepang, dan Tiongkok, bagian dari buah ini digunakan untuk mengatasi demam.

    6. Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, akar tanaman mengkudu digunakan untuk mengatasi impotensi, gangguan menstruasi dan nyeri perut. 

    7. Teh dari daun mengkudu dapat digunakan sebagai obat analgesik.

    8. Ekstrak dari daun, kulit dan buah mengkudu digunakan dalam mengobati hipertensi, tuberkolosis dan diabetes.

    9. Tanaman mengkudu juga dapat digunakan untuk mengobati malaria.

    10. Tinggi tanaman mengkudu berkisar antara 3 - 10 meter.

    11. Sirup dari buah mengkudu dapat digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan.

    
    Sekian informasi mengenai berbagai manfaat mengkudu untuk kesehatan tubuh, efek samping dan faktanya. Semoga informasi ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya ke orang-orang disekitar anda. Sampai jumpa di artikel berikutnya!
    

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon