Selasa, 12 September 2017

Manfaat dan efek samping bengkuang untuk kesehatan

kasanah.id - Siapa sih yang tidak tahu dengan buah yang satu ini?. Buah ini sering sekali tampil di iklan terutama untuk kosmetik ataupun pelembab kulit. 

      Buah ini memiliki nama latin Pachyrhizus erosus dan dalam bahasa Inggris disebut dengan Jicama. Bengkuang mula - mula ditemukan di Amerika dan Meksiko, lalu setelah itu dari Meksiko disebarkan ke Filipina. Dari Filipina, buah ini lalu menyebar ke China, baru setelah itu disebarkan ke Asia Tenggara.

     Selain dapat dimakan dalam keadaan mentah/segar, bengkuang juga dapat diolah dengan dijadikan sup, salad buah, beberapa hidangan lainnya. Tidak hanya buahnya, akar dari tanaman bengkuang juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Manfaat bengkuang untuk kesehatan


      Bengkuang tercatat memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, mulai dari mencerahkan kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah osteoporosis dan berbagai manfaat lainnya yang dijelaskan dibawah ini.

kandungan nutrisi bengkuang
kandungan nutrisi bengkuang

1. Mencerahkan kulit


     Bengkuang telah sejak lama dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit. Berbagai produk untuk mencerahkan kulit biasanya terdapat bengkuang di dalamnya.

     Bengkuang mengandung vitamin C yang berperan sebagai anti oksidan yang dapat menangkal berbagai radikal bebas yang menyerang kulit dan menjaga kulit agar tetap cerah.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


     Vitamin C selain bermanfaat untuk mencerahkan kulit, tetapi juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dari 100 gram, terdapat kandungan vitamin C sekitar 24% dari yang dibutuhkan. 

     Vitamin C membantu produksi darah putih yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Dengan hal itu, proses perlawanan terhadap virus, bakteri dan patogen yang menyerang tubuh akan menjadi lebih mudah. Tubuh juga akan tahan terhadap penyakit musiman seperti flu, pilek dan batuk.

3. Mengatur tekanan darah


     Salah satu manfaat dari bengkuang untuk kesehatan adalah mengatur tekanan darah. Ini penting bagi orang yang mempunyai tekanan darah tinggi. 
    
     Kandungan kalium dalam buah bengkuang berperan dalam mengatur agar tekanan darah menjadi normal. Kalium akan membuat pembuluh darah dan arteri menjadi rileks. Selain itu, kalium juga dapat menetralisir efek sodium, sehingga kadar cairan dalam tubuh tetap terjaga dan seimbang.

4.  Mencegah osteoporosis


     Kalsium merupakan mineral penting yang harus dimiliki oleh tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Bengkuang merupakan salah satu buah yang mengandung cukup kalsium untuk kesehatan tulang. Mengonsumsi bengkuang dapat membantu mencegah osteoporosis.

tanaman bengkuang
tanaman bengkuang

5. Menurunkan kadar kolesterol dan gula darah


      Salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol adalah mengonsumsi buah - buahan yang banyak mengandung serat, salah satunya adalah bengkuang. Serat larut dalam bengkuang mengurangi kadar kolesterol dan menstabilkan kadar gula darah. 

6. Membantu melancarkan pencernaan


     Buah bengkuang selain mengandung cukup banyak serat juga mengandung banyak air. Kombinasi keduanya sangat direkomendasikan dalam mengatasi berbagai masalah pencernaan. Mengonsumsi bengkuang akan membuat tubuh terhindar dari masalah pencernaan seperti diare dan sembelit.

7. Menurunkan kadar homosistein


     Homosistein erat kaitannya dengan penyakit jantung dan ginjal. Buah bengkuang mempunyai sifat anti homosistein, menjaga jantung dan ginjal anda tetap sehat. Mengonsumsi buah bengkuang dapat menurunkan kadar homosistein hingga 11%. 

bengkuang goreng
bengkuang goreng

8. Membantu menurunkan berat badan


     Sedang mencoba untuk menurunkan berat badan?. Cobalah untuk mengonsumsi buah bengkuang. Buah ini mengandung banyak air dan serat, selain itu juga rendah kalori. Tubuh akan terhindar dari lemak, tetapi tetap merasa kenyang dalam waktu yang lama. 

9. Menangkal berbagai radikal bebas


      Buah bengkuang juga bermanfaat dalam menangkal berbagai radikal bebas. Hal ini berkat adanya kandungan anti oksidan di dalam buah ini. Anti oksidan penting dalam menangkal berbagai serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit atau bahkan kanker.

10. Mencegah anemia


     Anemia adalah suatu kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah, efek dari kekurangan sel darah merah adalah suplai oksigen ke berbagai organ tubuh berkurang, termasu suplai oksigen ke otak. Akibatnya tubuh akan menjadi lemas dan mudah pusing.

     Buah bengkuang mengandung zat besi yang dapat berguna dalam membantu mencegah anemia, caranya dengan membantu memproduksi sel darah merah yang dibutuhkan oleh tubuh. 

11. Meningkatkan metabolisme tubuh


     Bengkuang mengandung vitamin B kompleks seperti piridoksin, riboflavin, folat, asam pantotenat dan thiamin yang diperlukan untuk metabolisme tubuh dan membantu proses penyerapan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan menambah jumlah energi.

asinan bengkuang
asinan bengkuang

12. Baik untuk ibu hamil


     Selain berbagai manfaat di atas, bengkuang juga dapat bermanfaat bagi ibu hamil. Bengkuang mengandung sejumlah folat yang dibutuhkan selama kehamilan dan membantu menjaga perkembangan janin. Ini juga sekaligus mencegah adanya cacat lahir pada bayi.

Efek samping dari bengkuang

     
     Tercatat tidak banyak efek samping yang ditimbulkan akibat mengonsumsi buah ini. Akar tanaman dan isi buah dapat dimakan, namun bagian sisanya tidak dapat dimakan ataupun dimanfaatkan.

     Konsumsi buah ini secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada saraf atau bahkan kerusakan. Oleh karena itu konsumsi saja dalam kadar yang cukup.

     Itulah berbagai manfaat dan efek samping dari bengkuang untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi bengkuang jelas memberi banyak manfaat bagi tubuh, asal tidak secara berlebihan.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon